KURIKULUM





1.      Latar Belakang
          Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk bidang pendidikan. Perkembangan teknologi memberikan informasi yang memungkinkan ilmu pengetahuan berkembang dengan pesat. Perkembangan ilmu pengetahuan yang begitu pesat, menggugah para pendidik untuk dapat merancang dan melaksanakan pendidikan yang  lebih terarah yang dapat menunjang kegiatan sehari-hari masyarakat. Pendidikan memegang peranan penting dalam pembangunan suatu Negara. Pendidikan menjadi salah satu sarana untuk mencetak sumber daya manusia yang potensial dan kreatif agar memiliki pengetahuan yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
          Kualitas kehidupan bangsa sangat di tentukan oleh faktor pendidikan. Peran pendidikan sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas, damai, terbuka dan demokratis. Oleh karena itu, pembaharuan pendidikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional serta dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Seiring dengan berkembangnya pendidikan, maka kebutuhan akan tenaga kerja berpengalaman semakin tinggi. Sedangkan untuk lapangan pekerjaan yang disediakan terbatas.
          Oleh karena lapangan kerja yang disediakan oleh pemerintah begitu terbatas, tidak sedikit orang melakukan kegiatan berwirausaha khususnya dalam bidang pendidikan. Misalnya, dengan membuka tempat kursus, pelatihan maupun tempat bimbingan belajar. Dengan adanya kegiatan tersebut, maka secara tidak langsung akan dapat membuka lapangan kerja baru dan menyerap tenaga kerja berpengalaman khususnya dalam bidang pendidikan.
          Dalam dunia pendidikan, kursus dan pelatihan memegang peranan yang penting. kursus dan pelatihan merupakan sektor pendidikan informal. Dengan adanya kursus maupun pelatihan, maka akan lebih fokus dalam mempelajari program yang sesuai dengan keahlian. Dengan lebih memfokuskan ke dalam program tersebut, maka keahlian yang dimiliki oleh seseorang akan semakin matang dan berkualitas. Dengan begitu, kursus mempunyai peran yang sama dengan lembaga pendidikan formal lainnya.
          Oleh karena kursus dan pelatihan merupakan lembaga pendidikan informal yang lebih mengkhususkan pada suatu program, maka kompetensi lulusan yang dihasilkan akan lebih berkualitas pada bidangnya. Dan diharapkan agar dapat memenuhi syarat dengan bidang-bidang yang dibutuhkan oleh suatu lembaga atau perusahaan-perusahaan tertentu.

2.     Visi
Menciptakan tenaga kerja yang terampil dan berpengalamann di bidang teknologi informasi dan  Bahasa asing.
3.    Misi
a.    Melaksanakan pendidikan secara profesional dan berbasis teknologi informasi
b.    Menetapkan standar dan  kualitas di dalam proses belajar mengajar.

4.    Tujuan
a.    Membuka Lapangan Kerja Baru Khususnya dalam Bidang Pendidikan
b.    Menghasilkan Tenaga Kerja yang Terampil dan Berpengalaman
c.    Meningkatkan Kebutuhan atas Bahasa Asing dan Teknologi Informasi

DISKRIPSI DAN TUJUAN PROGRAM

      Diskripsi               
      Nama Program                              : Bahasa Inggris
      Spesifikasi Program                      : Conversation
                                                              General English
                                                              TOEFL Preparation
      Jumlah Jam per-pertemuan            : 2 Jam
      Jumlah Tatap Muka                       : 15 x pertemuan


A.    DESKRIPSI PROGRAM
Program ini menitik beratkan pada pemberian pengetahuan dasar mengenai bahasa inggris kepada peserta kursus, bagaimana penerapan dan aplikasinya dalam percakapan serta sistematika penulisan, sampai dengan penyiapan mengikuti ujian TOEFL sebagai syarat dalam memasuki dunia kerja ataupun melanjutkan studi.

B.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta memahami penggunaan grammar atau tata bahasa fundamental dalam bahasa inggris, serta memiliki kemampuan lain seperti percakapan dan listening. Sehingga lulusan diharapkan memiliki kompetensi dalam berbahasa inggris baik lisan maupun tulisan.

A.    MATERI PEMBELAJARAN PROGRAM BAHASA INGGRIS

No

Spesifikasi Materi
Cakupan Materi
Buku Acuan
1
CONVERSATION
-         
-       Grammar Fundamental
Tenses, Modal Auxiliaries, Conditional Sentences, Tag Question, Etc.
-       Conversation
Daily Activities, Discussion, Chatting, Debate. 
-       Listening
Music, Film, Drama, Etc.
-       Pronunciation
-       Common Error
-       Story Telling
Betty,
Swan
2-3
GENERAL ENGLISH

-       Grammar Fundamental
Tenses, Modal Auxiliaries, Conditional Sentences, Tag Question, Etc.
-       Advance Grammar
Noun, pronoun, adverb clause, passive, Adjective Clause, Gerund, Infinitives, Etc. 
-       Conversation
Daily Activities, Discussion, Chatting, Debate. 
-       Listening
Music, Film, Drama, Etc.
-       Pronunciation
-       Writting
-       Common Error
Betty

TOEFL PREPARATION
-       Grammar Fundamental
Tenses, Modal Auxiliaries, Conditional Sentences, Tag Question, Etc.
-       Advance Grammar
Noun, pronoun, adverb clause, passive, Adjective Clause, Gerund, Infinitives, Etc. 
-       Grammar for TOEFL preparation
-       Conversation
Daily Activities, Discussion, Chatting, Debate. 
-       Listening Lesson
-       Reading Comprehensive
-       Writing

Baron’s

B.     METODE DAN MEDIA

METODE :   1. Ceramah / Pemaparan materi
                      2. Tanya jawab
                      3. Pemberian tugas
                      4. Ujian

MEDIA     :   1. Power Point (presentasi)
                      2. Modul / Buku Ajar

C.    BUKU ACUAN

WAJIB      :    Betty Schrampfer Azar,  English Grammar (Understanding and Using)
                       Third Edition Longman.
                             Michael Swan, Practical English Usage, Second Edition , 1996 Oxford
    
     Barron’s, Test of English as a foreign Language “TOEFL”, 10th
     Edition. 2002.Binarupa Aksara



POGRAM DAN ISI PENDIDIKAN
Strukrur Kurikulum
LKP GENIUS LEARNING SOLUTION

DISKRIPSI DAN TUJUAN PROGRAM

      Diskripsi              
      Nama Program                              : Komputer
      Spesifikasi Program                      : Aplikasi Perkantoran
                                                              Desain Grafis
                                                              Aplikasi Teknik
      Jumlah Jam per-pertemuan            : 2 Jam
      Jumlah Tatap Muka                       : 15 x pertemuan


DESKRIPSI PROGRAM
Program ini menitik beratkan pada pemberian pengetahuan dasar mengenai aplikasi komputer kepada peserta kursus, bagaimana penerapan dan aplikasinya dalam aktifitas sehari-hari baik dalam bidang perkantoran, seni grafis, sampai dengan penyiapan untuk menyelesaikan  pekerjaan yang terkait dengan teknologi informasi.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta memahami penggunaan beberapa aplikasi komputer sesuai dengan kebutuhan dunia kerja maupun untuk menunjang studi. Sehingga diharapkan mampu meningkatkan kwalitas sumberdaya manusia melalui penguasaan soft skill dan teknologi informasi.

MATERI PEMBELAJARAN 

PROGRAM APLIKASI KOMPUTER

No

Spesifikasi Materi
Cakupan Materi
Buku Acuan
1
APLIKASI PERKANTORAN
-         
-       Ms. Office
Ms. Word, Ms. Excel
Ms. Power point,  Ms. Access,
Etc.
-       Accounting
Ms. Excel, MYOB
-       Administration
Ms. Excel, Ms. Access
Visual Basic

-
2-3
DESAIN GRAFIS

-       Adobe Photoshop 2D / 3D
-       Corel Draw
-       Adobe Premier
-       Ulead Studio 3D Max
-       3D Max
-       Desain Website
-       Etc.

-

APLIKASI TEKNIK
-       Autocad 2D / 3D
-       Autodesk Map
-       Aplikasi Database
-       Ms. Project
-       Pemrograman
-       SPSS
-       Matlab
-       Mechanical desktop
-       Etc

-

METODE DAN MEDIA

METODE :   1. Ceramah / Pemaparan materi
                      2. Tanya jawab
                      3. Pemberian tugas
                      4. Ujian

MEDIA     :   1. Power Point (presentasi)
                      2. Modul / Buku Ajar

BUKU ACUAN

WAJIB      :    Modul Ajar 
                      Literatur dan Buku Penunjang
                      Tutorial 
DATA SARANA DAN PRASARANA
No
Keterangan
Jumlah
Kondisi
1
Ruang Komputer
2 Ruang
Baik
2
Ruang Bahasa
1 Ruang
Baik
3
Ruang Privat
1 Ruang
Baik
4
LCD
1 Unit
Baik
5
Komputer
15 unit
Baik

 
SISTEM EVALUASI
Sistem evaluasi proses belajar mengajar pada LKP Genius Learning Solution dilakukan secara periodik mulai pada saat peserta didik mengikuti materi sampai pada kompetensi yang harusvdimiliki oleh lulusan.

Sistem Evaluasi yang diterapkan adalah melalui:
  • Perumusan Visi, Misi dan Tujuan.
Yaitu bertujuan untuk menentukan arah dan tujuan didirikanya lembaga kursus, sehingga dalam operasionalisasi tidak menyimpang dari visi dan misi.
  • Penentuan Kompetensi Dasar.
Yaitu dengan cara membaca kebutuhan pasar serta dunia usaha, yang kemudian di implementasikan dalam bentuk kompetensi dasar peserta didik.  Program yang dibuat diharapkan memiliki nilai manfaat yang tinggi bagi peserta didik dan bisa menjawab kebutuhan dunia kerja.
  • Pembuatan Metode Pembelajaran efektif
Yaitu dengan cara mengimplementasikan metode pembelajaran yang menarik, efektif, dan berbasis teknologi informasi. Sehingga kompetensi dasar peserta didik bias terpenuhi.
  • Evaluasi
Yaitu melalui ujian atau tes kompetensi bagi peserta didik.


URAIAN MANAJEMEN PENGENDALIAN MUTU
Manajemen pengendalian mutu sangat penting parananya di dalam menjaga kualitas dan efektifitas system pembelajaran. oleh karena itu LKP Genius Learning Solution melakukan beberapa aktifitas terkait pelaksanaan fungsi pengendalian mutu. Diantaranya adalah :
  • Penerapan sistem administrasi pelaksanaan kursus
Penerapan system administrasi yang baik dapat memberikan informasi penting terkait pelaksanaan proses belajar-mengajar. Sehingga langkah-langkah strategis dalam upaya pengembangan dapat dilakukan.
  • Penyusunan modul / kurikulum
Modul adalah representasi dari keseluruhan materi yang disampaikan dalam proses belajar mengajar. Sehingga pengawasan terhadap pembuatan modul perlu dilakukan untuk menjaga mutu dan kualitas lulusan.
  • Penggunaan media ajar
Media mengajar yang menarik bisa menambah keingintahuan siswa akan materi yang disampaikan. Sehingga materi kursus akan mudah tersampaikan. Didalam proses belajar-mengajar pemateri diharapkan menerapkan system pembelajaran multimedia.
  • Pelaksanaan ujian
Pulaksanaan ujian dilakukan untuk mengetahui hasil proses belajar.


 METODE PEMBELAJARAN                                                                                                              

  • Ceramah / Pemaparan Materi
Metode pemaparan materi/ceramah bertujuan untuk memberikan penjelasan terkait dengan teori, sehingga peserta didik mampu memahami materi secara jelas.

  • Diskusi & Studi Kasus
Diskusi & studi kasus diperlukan untuk melakukan kajian praktis atas teori-teori yang telah disampaikan di kelas. Sehingga peserta didik memahami bagaimana aplikasi di lapangan. 

  • Pemberian Tugas
Tugas diperlukan untuk memberikan kesempatan peserta didik melakukan review atau kaji ulang atas teori-teori yang telah disampaikan di kelas.

  • Ujian
Ujian adalah tolok ukur keberhasilan proses belajar-mengajar secara keseluruhan, sehingga nilai hasil ujian digunakan sebagai representasi atas pemahaman siswa akan materi yang disampaikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar