1.
Latar
Belakang
Perkembangan teknologi informasi dan
komunikasi yang sangat pesat telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan
manusia, termasuk bidang pendidikan. Perkembangan teknologi memberikan informasi yang memungkinkan ilmu
pengetahuan berkembang dengan pesat. Perkembangan ilmu pengetahuan yang begitu
pesat, menggugah para pendidik untuk dapat merancang dan melaksanakan
pendidikan yang lebih terarah yang dapat
menunjang kegiatan sehari-hari masyarakat. Pendidikan memegang peranan
penting dalam pembangunan suatu Negara. Pendidikan menjadi salah satu sarana
untuk mencetak sumber daya manusia yang potensial dan kreatif agar memiliki
pengetahuan yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Kualitas
kehidupan bangsa sangat di tentukan oleh faktor pendidikan. Peran pendidikan
sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas, damai, terbuka dan
demokratis. Oleh karena itu, pembaharuan pendidikan harus selalu dilakukan
untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional serta dapat menciptakan sumber
daya manusia yang berkualitas. Seiring dengan berkembangnya pendidikan, maka
kebutuhan akan tenaga kerja berpengalaman semakin tinggi. Sedangkan untuk
lapangan pekerjaan yang disediakan terbatas.
Oleh
karena lapangan kerja yang disediakan oleh pemerintah begitu terbatas, tidak
sedikit orang melakukan kegiatan berwirausaha khususnya dalam bidang
pendidikan. Misalnya, dengan membuka tempat kursus, pelatihan maupun tempat
bimbingan belajar. Dengan adanya kegiatan tersebut, maka secara tidak langsung
akan dapat membuka lapangan kerja baru dan menyerap tenaga kerja berpengalaman
khususnya dalam bidang pendidikan.
Dalam
dunia pendidikan, kursus dan pelatihan memegang peranan yang penting. kursus
dan pelatihan merupakan sektor pendidikan informal. Dengan adanya kursus maupun
pelatihan, maka akan lebih fokus dalam mempelajari program yang sesuai dengan
keahlian. Dengan lebih memfokuskan ke dalam program tersebut, maka keahlian
yang dimiliki oleh seseorang akan semakin matang dan berkualitas. Dengan
begitu, kursus mempunyai peran yang sama dengan lembaga pendidikan formal
lainnya.
Oleh
karena kursus dan pelatihan merupakan lembaga pendidikan informal yang lebih
mengkhususkan pada suatu program, maka kompetensi lulusan yang dihasilkan akan
lebih berkualitas pada bidangnya. Dan diharapkan agar dapat memenuhi syarat
dengan bidang-bidang yang dibutuhkan oleh suatu lembaga atau
perusahaan-perusahaan tertentu.
2. Visi
Menciptakan tenaga kerja yang
terampil dan berpengalamann di bidang teknologi informasi dan Bahasa asing.
3. Misi
a. Melaksanakan
pendidikan secara profesional dan berbasis teknologi informasi
b. Menetapkan
standar dan kualitas di dalam proses
belajar mengajar.
4. Tujuan
a. Membuka
Lapangan Kerja Baru Khususnya dalam Bidang Pendidikan
b. Menghasilkan
Tenaga Kerja yang Terampil dan Berpengalaman
c. Meningkatkan
Kebutuhan atas Bahasa Asing dan Teknologi Informasi
DISKRIPSI DAN TUJUAN PROGRAM
Diskripsi
Nama
Program : Bahasa Inggris
Spesifikasi
Program : Conversation
General English
TOEFL Preparation
Jumlah
Jam per-pertemuan : 2 Jam
Jumlah
Tatap Muka : 15 x
pertemuan
A. DESKRIPSI PROGRAM
Program ini menitik beratkan pada pemberian
pengetahuan dasar mengenai bahasa inggris kepada peserta kursus, bagaimana
penerapan dan aplikasinya dalam percakapan serta sistematika penulisan, sampai
dengan penyiapan mengikuti ujian TOEFL sebagai syarat dalam memasuki dunia
kerja ataupun melanjutkan studi.
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta memahami penggunaan grammar atau tata bahasa
fundamental dalam bahasa inggris, serta memiliki kemampuan lain seperti
percakapan dan listening. Sehingga lulusan diharapkan memiliki kompetensi dalam
berbahasa inggris baik lisan maupun tulisan.
A. MATERI PEMBELAJARAN PROGRAM BAHASA INGGRIS
No |
Spesifikasi
Materi
|
Cakupan
Materi
|
Buku
Acuan
|
1
|
CONVERSATION
-
|
-
Grammar Fundamental
Tenses,
Modal Auxiliaries, Conditional Sentences, Tag Question, Etc.
-
Conversation
Daily
Activities, Discussion, Chatting, Debate.
-
Listening
Music,
Film, Drama, Etc.
-
Pronunciation
-
Common Error
-
Story Telling
|
Betty,
Swan
|
2-3
|
GENERAL ENGLISH
|
-
Grammar Fundamental
Tenses,
Modal Auxiliaries, Conditional Sentences, Tag Question, Etc.
-
Advance Grammar
Noun,
pronoun, adverb clause, passive, Adjective Clause, Gerund, Infinitives,
Etc.
-
Conversation
Daily
Activities, Discussion, Chatting, Debate.
-
Listening
Music,
Film, Drama, Etc.
-
Pronunciation
-
Writting
-
Common Error
|
Betty
|
TOEFL
PREPARATION
|
-
Grammar Fundamental
Tenses,
Modal Auxiliaries, Conditional Sentences, Tag Question, Etc.
-
Advance Grammar
Noun,
pronoun, adverb clause, passive, Adjective Clause, Gerund, Infinitives,
Etc.
-
Grammar for TOEFL preparation
-
Conversation
Daily
Activities, Discussion, Chatting, Debate.
-
Listening Lesson
-
Reading Comprehensive
-
Writing
|
Baron’s
|
B. METODE DAN MEDIA
METODE : 1. Ceramah / Pemaparan materi
2. Tanya jawab
3. Pemberian tugas
4. Ujian
MEDIA :
1. Power Point (presentasi)
2. Modul / Buku Ajar
C. BUKU ACUAN
WAJIB : Betty
Schrampfer Azar, English Grammar (Understanding and Using)
Third
Edition Longman.
Michael
Swan, Practical English Usage, Second
Edition , 1996 Oxford
Barron’s, Test of English as a foreign Language “TOEFL”, 10th
Edition. 2002.Binarupa Aksara
POGRAM DAN ISI
PENDIDIKAN
Strukrur Kurikulum
LKP GENIUS LEARNING SOLUTION
DISKRIPSI DAN TUJUAN PROGRAM
Diskripsi
Nama
Program : Komputer
Spesifikasi
Program : Aplikasi
Perkantoran
Desain Grafis
Aplikasi Teknik
Jumlah
Jam per-pertemuan : 2 Jam
Jumlah
Tatap Muka : 15 x
pertemuan
DESKRIPSI
PROGRAM
Program ini menitik beratkan pada pemberian
pengetahuan dasar mengenai aplikasi komputer kepada peserta kursus, bagaimana
penerapan dan aplikasinya dalam aktifitas sehari-hari baik dalam bidang
perkantoran, seni grafis, sampai dengan penyiapan untuk menyelesaikan pekerjaan yang terkait dengan teknologi
informasi.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Peserta memahami penggunaan beberapa aplikasi
komputer sesuai dengan kebutuhan dunia kerja maupun untuk menunjang studi.
Sehingga diharapkan mampu meningkatkan kwalitas sumberdaya manusia melalui
penguasaan soft skill dan teknologi informasi.
MATERI
PEMBELAJARAN
PROGRAM APLIKASI KOMPUTER
No |
Spesifikasi
Materi
|
Cakupan
Materi
|
Buku
Acuan
|
1
|
APLIKASI PERKANTORAN
-
|
-
Ms. Office
Ms. Word,
Ms. Excel
Ms. Power
point, Ms. Access,
Etc.
-
Accounting
Ms.
Excel, MYOB
-
Administration
Ms.
Excel, Ms. Access
Visual
Basic
|
-
|
2-3
|
DESAIN GRAFIS
|
-
Adobe Photoshop 2D / 3D
-
Corel Draw
-
Adobe Premier
-
Ulead Studio 3D Max
-
3D Max
-
Desain Website
-
Etc.
|
-
|
APLIKASI
TEKNIK
|
-
Autocad 2D / 3D
-
Autodesk Map
-
Aplikasi Database
-
Ms. Project
-
Pemrograman
-
SPSS
-
Matlab
-
Mechanical desktop
-
Etc
|
-
|
METODE DAN
MEDIA
METODE : 1. Ceramah / Pemaparan materi
2. Tanya jawab
3. Pemberian tugas
4. Ujian
MEDIA :
1. Power Point (presentasi)
2. Modul / Buku Ajar
BUKU ACUAN
WAJIB : Modul Ajar
Literatur dan Buku Penunjang
Tutorial
DATA SARANA DAN PRASARANA
No
|
Keterangan
|
Jumlah
|
Kondisi
|
1
|
Ruang Komputer
|
2 Ruang
|
Baik
|
2
|
Ruang Bahasa
|
1 Ruang
|
Baik
|
3
|
Ruang Privat
|
1 Ruang
|
Baik
|
4
|
LCD
|
1 Unit
|
Baik
|
5
|
Komputer
|
15 unit
|
Baik
|
SISTEM EVALUASI
Sistem
evaluasi proses belajar mengajar pada LKP Genius Learning Solution dilakukan
secara periodik mulai pada saat peserta didik mengikuti materi sampai pada
kompetensi yang harusvdimiliki oleh lulusan.
Sistem
Evaluasi yang diterapkan adalah melalui:
- Perumusan Visi, Misi dan Tujuan.
Yaitu
bertujuan untuk menentukan arah dan tujuan didirikanya lembaga kursus, sehingga
dalam operasionalisasi tidak menyimpang dari visi dan misi.
- Penentuan Kompetensi Dasar.
Yaitu dengan
cara membaca kebutuhan pasar serta dunia usaha, yang kemudian di
implementasikan dalam bentuk kompetensi dasar peserta didik. Program yang dibuat diharapkan memiliki nilai
manfaat yang tinggi bagi peserta didik dan bisa menjawab kebutuhan dunia kerja.
- Pembuatan Metode Pembelajaran efektif
Yaitu dengan
cara mengimplementasikan metode pembelajaran yang menarik, efektif, dan
berbasis teknologi informasi. Sehingga kompetensi dasar peserta didik bias
terpenuhi.
- Evaluasi
Yaitu melalui
ujian atau tes kompetensi bagi peserta didik.
URAIAN MANAJEMEN
PENGENDALIAN MUTU
Manajemen pengendalian mutu
sangat penting parananya di dalam menjaga kualitas dan efektifitas system
pembelajaran. oleh karena itu LKP Genius Learning Solution melakukan beberapa
aktifitas terkait pelaksanaan fungsi pengendalian mutu. Diantaranya adalah :
- Penerapan sistem administrasi pelaksanaan kursus
Penerapan
system administrasi yang baik dapat memberikan informasi penting terkait
pelaksanaan proses belajar-mengajar. Sehingga langkah-langkah strategis dalam
upaya pengembangan dapat dilakukan.
- Penyusunan modul / kurikulum
Modul adalah
representasi dari keseluruhan materi yang disampaikan dalam proses belajar
mengajar. Sehingga pengawasan terhadap pembuatan modul perlu dilakukan untuk
menjaga mutu dan kualitas lulusan.
- Penggunaan media ajar
Media mengajar
yang menarik bisa menambah keingintahuan siswa akan materi yang disampaikan.
Sehingga materi kursus akan mudah tersampaikan. Didalam proses belajar-mengajar
pemateri diharapkan menerapkan system pembelajaran multimedia.
- Pelaksanaan ujian
Pulaksanaan
ujian dilakukan untuk mengetahui hasil proses belajar.
METODE PEMBELAJARAN
- Ceramah / Pemaparan Materi
Metode
pemaparan materi/ceramah bertujuan untuk memberikan penjelasan terkait dengan
teori, sehingga peserta didik mampu memahami materi secara jelas.
- Diskusi & Studi Kasus
Diskusi &
studi kasus diperlukan untuk melakukan kajian praktis atas teori-teori yang
telah disampaikan di kelas. Sehingga peserta didik memahami bagaimana aplikasi
di lapangan.
- Pemberian Tugas
Tugas
diperlukan untuk memberikan kesempatan peserta didik melakukan review atau kaji
ulang atas teori-teori yang telah disampaikan di kelas.
- Ujian
Ujian adalah tolok ukur
keberhasilan proses belajar-mengajar secara keseluruhan, sehingga nilai hasil
ujian digunakan sebagai representasi atas pemahaman siswa akan materi yang
disampaikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar